IBC - Selamat pagi Shobat IBC pagi ini mimin mau me reviews tentang dua online store besar yang bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual untuk mengurangi angka penipuan. Nah, dalam hal ini kita sebagai user baik sebagai penjual atau pembeli harus tahu syarat dan kondisi atau Terms & Service dari masing-masing penyedia layanan.
Saya sendiri sebenarnya adalah penjual Sepatu Flat Cewek dan Sepatu Futsal serta merchandise sepak bola. Usaha saya sendiri sebenarnya sudah berjalan cukup lama walau belum masuk kategori "Penjual Sukses" dan usaha saya sendiri sudah ada websitenya yaitu www.rbstoreid.com dengan official twitter @RBstoreID
Nah, selain web saya menggunakan dua layanan web yaitu Elevenia.co.id dan Lamido.co.id secara teori kedua website ini sama. Namun, kedua web ini memiliki 2 perbedaan signifikan. Mulai dari sistem Pembayaran kepada Penjual, Sistem Admin Seller dll. Jika di rating maka saya akan memberi rating 5 Pada Elevenia.co.id dan 3 kepada Lamido.co.id
Kenapa demikian? Berikut adalah penjabarannya:
Elevenia.co.id Pelayanan Untuk Customer (Penjual/Pembeli)
1. Kontak Center bisa merespon melalui Telephone, Email dan Social Media
2. metode pengembalian uang dilakukan dengan cara maksimal 3 - 30 hari (Jika ada pembeli yang konfirm untuk dibatalkan maka pihak Elevenia akan membatalkan status pembelian)
3. Pengembalian Uang dan Pembayaran lebih cepat. Yang saya tahu, jika ada transaksi di weekdays maka pembayaran dan pengembalian dana akan dilakukan 2 - 4 hari setelah konfirmasi baik dari penjual dan pembeli yang menerima barang.
4. Notification Admin Seller, ini adalah yang terpenting penjual akan menerima notifikasi penjualan baru apabila uang pembeli sudah masuk.
5. Penjual harus mengupdate barang sudah proses kirim atau sudah dalam status "dikirim"
6. Laman untuk Admin lebih jelas walau kadang ane sering bingung
Lamido.co.id Pelayanan Untuk Customer (Penjual/Pembeli)
1. Kontak center memang merespon telephone, email dan Social Media, namun tindakan lanjutannya lebih banyak nihil.
2. Metode pengembalian barang/uang terkadang baik, namun terkadang tak direspon dengan baik.
3. Proses pembayaran kepada penjual tidak tertata rapi, saya pernah menerima pembayaran setelah beberapa minggu dan kepada pembeli terkadang juga sangat lambat sampai beberapa bulan.
4. Notifikasi kepada seller juga terkadang tidak jelas. Ada order tapi di Admin seller tidak ada notifikasi.
5. Penjual juga bisa melakukan update status, namun lebih baik Elevenia.
Secara garis besar, Transaksi melalui Elevenia lebih menyenangkan daripada di Lamido. Lamido memang bukanlah penipu, Hanya saja sistem yang dipakai oleh Lamido kadang sulit di mengerti. Untuk itu, cobalah bertransaksi melalui Elevenia, maka Shobat IBC akan mengerti perbedaannya yang cukup jauh walau mengadopsi sistem yang sama.
CARA KERJA LAMIDO DAN ELEVENIA
1. Pembeli Melihat-lihat produk yang ada di website Lamido atau Elevenia
2. Pembeli melakukan pesanan barang yang akan masuk ke halaman khusus penjual
3. Pembeli melakukan pembayaran kepada Lamido atau Elevenia
4. Lamido dan Elevenia mengirimkan order kepada penjual bahwa order nomor xxxx sudah melakukan pembayaran
5. Penjual mengirimkan barang sesuai order dari pembeli
6. Penjual mengkonfirmasi kepada Lamido dan Elevenia melalui website
7. Lamido dan Elevenia melakukan konfirmasi status pesanan pembeli
8. Pembeli menerima barang dan mengkonfirmasi barang sampai di tangan kepada Lamido atau Elevenia
9. Lamido dan Elevenia mengupdate bahwa barang pesanan sudah diterima
10. Penjual menerima pembayaran dari Elevenia atau Lamido
11. Transaksi selesai.
KEKURANGAN MELAKUKAN TRANSAKSI MELALUI LAMIDO DAN ELEVENIA
1. Jika penjual tidak pernah login maka pembeli tidak akan menerima pesanan, uang akan tetap aman di rekening Lamido atau Elevenia
2. Proses yang memakan waktu apabila penjual tidak menerima notifikasi
LAMIDO ATAU ELEVENIA, MANA YANG LEBIH BAIK?
Dari sudut pandang saya yang sebagai penjual di kedua website tersebut, maka saya rekomendasikan Shobat IBC bertransaksi di Elevenia.co.id
Saya sendiri sebenarnya adalah penjual Sepatu Flat Cewek dan Sepatu Futsal serta merchandise sepak bola. Usaha saya sendiri sebenarnya sudah berjalan cukup lama walau belum masuk kategori "Penjual Sukses" dan usaha saya sendiri sudah ada websitenya yaitu www.rbstoreid.com dengan official twitter @RBstoreID
Nah, selain web saya menggunakan dua layanan web yaitu Elevenia.co.id dan Lamido.co.id secara teori kedua website ini sama. Namun, kedua web ini memiliki 2 perbedaan signifikan. Mulai dari sistem Pembayaran kepada Penjual, Sistem Admin Seller dll. Jika di rating maka saya akan memberi rating 5 Pada Elevenia.co.id dan 3 kepada Lamido.co.id
Kenapa demikian? Berikut adalah penjabarannya:
Elevenia.co.id Pelayanan Untuk Customer (Penjual/Pembeli)
1. Kontak Center bisa merespon melalui Telephone, Email dan Social Media
2. metode pengembalian uang dilakukan dengan cara maksimal 3 - 30 hari (Jika ada pembeli yang konfirm untuk dibatalkan maka pihak Elevenia akan membatalkan status pembelian)
3. Pengembalian Uang dan Pembayaran lebih cepat. Yang saya tahu, jika ada transaksi di weekdays maka pembayaran dan pengembalian dana akan dilakukan 2 - 4 hari setelah konfirmasi baik dari penjual dan pembeli yang menerima barang.
4. Notification Admin Seller, ini adalah yang terpenting penjual akan menerima notifikasi penjualan baru apabila uang pembeli sudah masuk.
5. Penjual harus mengupdate barang sudah proses kirim atau sudah dalam status "dikirim"
6. Laman untuk Admin lebih jelas walau kadang ane sering bingung
Lamido.co.id Pelayanan Untuk Customer (Penjual/Pembeli)
1. Kontak center memang merespon telephone, email dan Social Media, namun tindakan lanjutannya lebih banyak nihil.
2. Metode pengembalian barang/uang terkadang baik, namun terkadang tak direspon dengan baik.
3. Proses pembayaran kepada penjual tidak tertata rapi, saya pernah menerima pembayaran setelah beberapa minggu dan kepada pembeli terkadang juga sangat lambat sampai beberapa bulan.
4. Notifikasi kepada seller juga terkadang tidak jelas. Ada order tapi di Admin seller tidak ada notifikasi.
5. Penjual juga bisa melakukan update status, namun lebih baik Elevenia.
Secara garis besar, Transaksi melalui Elevenia lebih menyenangkan daripada di Lamido. Lamido memang bukanlah penipu, Hanya saja sistem yang dipakai oleh Lamido kadang sulit di mengerti. Untuk itu, cobalah bertransaksi melalui Elevenia, maka Shobat IBC akan mengerti perbedaannya yang cukup jauh walau mengadopsi sistem yang sama.
CARA KERJA LAMIDO DAN ELEVENIA
1. Pembeli Melihat-lihat produk yang ada di website Lamido atau Elevenia
2. Pembeli melakukan pesanan barang yang akan masuk ke halaman khusus penjual
3. Pembeli melakukan pembayaran kepada Lamido atau Elevenia
4. Lamido dan Elevenia mengirimkan order kepada penjual bahwa order nomor xxxx sudah melakukan pembayaran
5. Penjual mengirimkan barang sesuai order dari pembeli
6. Penjual mengkonfirmasi kepada Lamido dan Elevenia melalui website
7. Lamido dan Elevenia melakukan konfirmasi status pesanan pembeli
8. Pembeli menerima barang dan mengkonfirmasi barang sampai di tangan kepada Lamido atau Elevenia
9. Lamido dan Elevenia mengupdate bahwa barang pesanan sudah diterima
10. Penjual menerima pembayaran dari Elevenia atau Lamido
11. Transaksi selesai.
KEKURANGAN MELAKUKAN TRANSAKSI MELALUI LAMIDO DAN ELEVENIA
1. Jika penjual tidak pernah login maka pembeli tidak akan menerima pesanan, uang akan tetap aman di rekening Lamido atau Elevenia
2. Proses yang memakan waktu apabila penjual tidak menerima notifikasi
LAMIDO ATAU ELEVENIA, MANA YANG LEBIH BAIK?
Dari sudut pandang saya yang sebagai penjual di kedua website tersebut, maka saya rekomendasikan Shobat IBC bertransaksi di Elevenia.co.id
0 comments:
Post a Comment