Tuesday, October 11, 2016

Tuntut UMP Jakarta 2017 Rp3,8 Juta, 5.000 Buruh Akan Lakukan Aksi Besok

Img: Kompasiana
IBC - Menjelang akhir tahun merupakan salah satu jadwal rutin bagi buruh untuk meminta kenaikan upah minimum. Buruh yang tergabung dalam Gabungan Buruh Jakarta (GBJ) akan turun ke Jalan guna melakukan aksi demo. Demo ini rencananya akan dilakukan pada Rabu (12/10/2016) besok yang akan digelar di depan kantor Balai Kota Jakarta. Aksi ini dilakukan bertepatan dengan rencana penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2017 oleh Dewan Pengupahan, Gubernur DKI dan juga Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi.

“Pada Rabu, 12 Oktober akan ada penetapan UMP yang dilakukan melalui sidang Dewan Pengupahan di Kantor Gubernur. Kami akan mengawal sidang tersebut dan akan ada lebih dari 5.000 buruh yang ikut mengawasi sidang tersebut” ungkap Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia, Mirah Sumirat dikutip dari Liputan6, Selasa (11/10/2016).

Dikesempatan lain, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memberikan usulan UMP DKI Jakarta untuk tahun 2017 sebesar Rp3,8 juta. Menurut KSPI, kenaikan ini adalah untuk meningkatkan daya beli para pekerja. Ketua KSPI, Said Iqbal menjelaskan bahwa pihaknya akan menolak upah yang ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) terlebih lagi apabila keputusan yang diambil mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 Tahun 2015 yang dinilai memperkecil kenaikan upah dan hanya menghitung berdasarkan inflasi serta pertumbuhan ekonomi nasional.

0 comments:

Post a Comment