Thursday, September 17, 2015

Amankah Belanja Di MatahariMall.com? Cek Ulasannya Disini!


IBC - Sudah ada yang pernah belanja di MatahariMall.com? E-Commerce dari Department Store terbesar di Indonesia ini cukup memberikan produk-produk berkualitas dan harga yang cukup bersaing. Bahkan di awal-awal launching website MatahariMall.com ini banyak produk yang diskon hingga 99%.

Awalnya mimin melihat iklan di Ads Facebook, kalau Matahari Dept. Store sudah meluncurkan e-Commerce resminya. Dari sisi website yang mobile friendly cukup nyaman lah buat kita melihat-lihat produk dari Smartphone kita. Dengan menerapkan bootstrap, kita tidak perlu khawatir akan scroll kanan-kiri ketika mengunjungi website.

Sempat beberapa hari melihat website MatahariMall.com mengalami down maupun lost connect dengan database. Sebenarnya cukup mengganggu sih kejadian seperti ini bagi para pengunjung. Lewat postingan ini mimin ingin mereview bagaimana pelayanan awal dari MatahariMall.com.

1. Website
Website menurut mimin sudah oke, namun hanya beberapa fitur yang harus diperbaiki, salah satunya fitur search produk. Ketika kita mencari produk, ada kalanya kita masih menemukan produk yang tidak kita harapkan. Semoga masalah ini segera teratasi, ya ga penting-penting amat sih emang, tapi bagi pengunjung yang ingin mencari cepat fitur ini menjadi sangat penting.

2. Pelayanan Live Chat
Fitur Live Chat adalah fitur komunikasi langsung dengan Customer Support (Customer Service) antara pelanggan dengan Staff MatahariMall.com dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa bertanya-tanya mengenai orderan atau bertanya produk. Ya fitur yang sudah sangat umum ada di

3. Kontak melalui Email
Sayang sekali pada halaman website tidak terdapat hubungan langsung melalui email, kita hanya diberikan nomor telpon untuk melakukan komunikasi langsung, Padahal jika dipikir-pikir, menggunakan email untuk menghubungi CS atau memberikan saran adalah sangat pass. Ya semoga kedepannya halaman "Hubungi Kami / Contact Us" dilengkapi pengaduan via email.

4. Order dan Kirim
Nah, kini tiba saatnya untuk membahas tentang Jual-Beli Online di MatahariMall.com. Ini adalah bagian terpenting tentang e-Commerce. Sebenarnya MatahariMall.com tidak hanya menjual produk yang ada di Matahari Dept. Store pengembang juga membuka perorangan/perusahaan yang ingin ikut menjual produknya di website MatahariMall.com. Ketika Shobat melakukan pembelian di MatahariMall.com harap perhatikan siapa penjualnya. Sama seperti saat shobat IBC belanja di Lazada, Tokopedia, Elevenia, bedanya Matahari Dept. Store juga menjual dagangan perusahaan ini sendiri bukan hanya menjualkan dagangan luar.

Amankah Belanja di MatahariMall.com? Jika mimin lihat, belanja disini sangat Aman karena kita diberikan beberapa pelayanan yang tidak ada di website lain. Apa sih yang membuat Beda?
1. Pembayaran Bisa melalui Bank
2. Pembayaran Bisa dengan COD
3. Bisa Bayar dan Ambil di MatahariDept.Store terdekat (masih beberapa saja sih di masing-masing kota tidak semua)
Kesimpulannya melakukan transaksi di MatahariMall.com 100% AMAN!

5. Bagaimana dengan Pelayanannya Untuk Pembeli?
Disini saya akan blak-blakan tentang cara kerja MatahariMall.com  yang cukup mengecewakan menurut saya. karenaproses COD berlangsung sangat lama. berikut adalah data transaksi yang saya lakukan di MatahariMall.com

5.1. Proses Order Mudah
Krtika kita melakukan order, kita akan sangat dengan mudah, prosesnya pun cepat untuk bisa masuk ke data pembeli.

Maahari Mall.com Order Detail


5.2 Proses Pengiriman Dengan Pembayaran COD
Pada kesempatan ini mimin memesan 1 celana dan 1 kemeja yang kebetulan akan mimin gunakan untuk kerja. Dengan diskon dan juga voucher diskon, ane memesan kedua produk ini dengan sistem COD yang saya ambil.

Transaksi dilakukan pada tanggal 14 September 2015. Berikut data order saya:

Orderan Mimin IBC
Oke, normalnya kita bakal mendapat pelayanan lebih baik untuk kelas mall besar, ternyata tidak demikian. Proses pengiriman jauh dari yang diharapkan. Awalnya mimin berharap belanjaan mimin akan nyampe dengan cepat karena barang ada di Surabaya. Akan tetapi perkiraan itu ternyata salah. Sudah 2 hari sekian jam waktu yang berlalu tanpa ada konfirmasi apapun dari customer support.

Kita sebagai pembeli memang dituntut untuk tunduk pada peraturan, akan tetapi peraturan yang dibuat oleh MatahariMall tentang pengiriman ini tidak dikerjakan lebih cepat. Sebenarnya, bila MatahariMall punya inisiatif, jika di kota terdekat ada produk yang sama, pihak pusatnya menelpon dan memberikan kuasa kepada Matahari yang ada di Surabaya (sebagai contoh) untuk mengirimkan orderan tersebut.

Peraturan menyebutkan untuk COD Surabaya sekitar 7-14 hari, bayangin 14 hari buat nungguin orderan, apakah yakin shobat akan puas dengan pelayanan ini? tentu tidak kan.

Bagaimana tanggapan agan?
- kalau dari diriku pribadi pelayanan MatahariMall.com Saat ini masih sangat mengecewakan. Semoga pihak manajemen Matahari Mall segera membicarakan dan meningkatkan pelayannannya.

Review selanjutnya akan di update setelah orderan saya diterima.

3 comments

  1. min itu codnya waktu dianter dirumah kah?

    ReplyDelete
  2. mau tanya gimana akhirnya? barangnya dikirim gak ? dan kapan ? saya pesen 30 juni, sampe skarang msh pending shipment,

    ReplyDelete
  3. Pengiriman matahari mall itu rata-rata emang 14 hari baru dikirim diluar jakarta.

    ReplyDelete