Thursday, October 17, 2013

Tips Desain Toko Online Agar Memikat Pengunjung Menjadi Pembeli

SURABAYA-IBC: Nah pemilik website toko online, pagi ini dapat anda mulai dengan memeriksa kembali website anda. Karena ketika mendesain toko online, seringkali ada aturan-aturan yang mungkin saja tidak sengaja terlewatkan. Jadi cek lagi yuk, apakah desain anda sudah sesuai aturan yang membuatnya bisa lebih ‘menjual’.

1. Prinsip dasar desain berbasis CARP.
Contrast adalah faktor yang membuat website Anda tampil crisp, sharp, dan organized. Kuncinya, gunakan berbagai ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda-beda untuk memisahkan konten-konten yang terdapat pada halaman anda.

Alignment. Pengunjung anda suka menjelajah secara intuitif. Jika posisi masing-masing konten di situs Anda tidak dipecah ke dalam formasi yang jelas dan rapi, maka kecil sekali kemungkinan mereka mau membeli di situs Anda.

Repetition adalah pengulangan dalam memasang konten-konten yang anda anggap perlu ditonjolkan. Yang mana jumlahnya harus seimbang dengan komposisi seluruh konten anda.

Proximity mendorong interaksi dengan mengelompokkan jadi satu informasi-informasi yang terkait. Pengunjung harus dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan mudah sebelum pindah ke halaman berikutnya.

2. Gunakan foto yang menggambarkan Lifestyle.
Gunakan gambar yang mencerminkan gaya hidup. Contohnya jika Anda menjual sepatu hiking, maka jangan cuma menampilkan gambar produk sepatu hiking dengan latar putih saja, namun tampilkan pula gambar dari sepatu yang seolah dikenakan di perjalanan bertualang di hutan atau pegunungan. Ilustrasi seperti ini akan menginspirasi personal engagement dan relevansi prospek terhadap produk anda.

3. Gambar berkualitas besar.
Gunakan gambar berkualitas tinggi (HD) di website Anda. Namun cobalah untuk membuat performanya tetap berjalan secara optimal. Misalnya dengan fitur resize. Karena menampilkan gambar berkualitas tinggi membutuhkan pajak yang sangat besar dari segi bandwidth dan kecepatan, namun secara signifikan mampu memanjakan mata prospek anda.

4. Font.
Desain yang bagus setidaknya menggunakan tiga jenis font teks berbeda ukuran, misalnya di heading, main body, dan sidebar. Hal ini erat kaitannya dengan prinsip Contrast.

5. Pilihan warna.
Pilihan warna anda harus mencerminkan kesan yang ingin anda tonjolkan seputar brand anda. Misalnya, hijau hutan untuk mencerminkan kesan santai dan damai sementara merah cerah untuk mencerminkan konotasi agresif dan serba cepat. Anda mungkin juga ingin membaca materi berikut: Teori Kombinasi Warna untuk membuat komposisi warna yang semakin selaras.

6. Konten penting di bagian kanan.
Ketika membaca dari kiri ke kanan, mata kita beristirahat dulu di kanan halaman. Maka dengan memasang konten paling penting di sini akan membantu conversion rate terhadap lead generation anda.

7. Gunakan kalimat perintah.
Beritahu prospek anda apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Seringkali prospek akan mendarat di situs Anda dalam keadaan butuh bimbingan dan arahan. Maka, anda dapat menulis dengan kalimat perintah yang kuat agar mereka mengambil tindakan. Misalnya ‘Klik Disini’, ‘Selengkapnya’ atau ‘Beli Sekarang’.

8. Capture Data.
Ketika menggunakan form sign-up newsletter atau contact now, maka anda telah mengumpulkan data-data penting. Sarana ini dapat anda gunakan untuk menjangkau prospek Anda secara intensif.

9. Kekuatan Testimonial.
Testimoni yang kuat akan memberitahukan pengalaman pembeli anda pada calon pembeli. Maka kumpulkan testimonial. Mintalah pada klien yang sudah ada untuk memberikan testimoni tentang bagaimana mereka menemukan situs Anda, apa yang mereka pikir produk dan layanan Anda atau seberapa cepat barang diterima. Testimonial dan review produk mampu meningkatkan kepercayaan pembeli secara signifikan.

10. Brand yang Konsisten.
Brand anda harus punya ciri khas yang sesuai dengan market, dan konsisten terhadap ciri khas tersebut. Misalnya dari hal yang sepele seperti warna dan rasio logo, hingga bahasa yang digunakan dalam layanan. Dengan konsistensi, anda dapat membangun brand yang kuat.

Desain toko online erat kaitannya dengan kemampuan untuk membangkitkan kepercayaan prospek. Semakin tinggi kepercayaan prospek terhadap desain anda, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk terlibat dan membeli dari toko online Anda. Jadi, bagaimana dengan desain toko online anda? (MBO/IBC)

0 comments:

Post a Comment