Tuesday, October 8, 2013

Unique Selling Point, Teknik Meningkatkan Omset Bisnis

SURABAYA-IBC: Unique Selling Point (USP) Anda mungkin diungkapkan sebagai ringkasan dari apa yang Anda lakukan atau bagaimana Anda melakukannya lebih baik dari yang lain. Seringkali USP dapat diringkas hanya dalam sedikit kata yang menjadi nada iklan atau slogan. Tidak masalah bagaimana Anda mengungkapkannya, USP Anda harus fokus pada bagaimana USP itu menguntungkan pelanggan.  Banyak para pebisnis yang ingin bisnisnya berjalan dengan cepat, tapi tidak menemukan perbedaakan dari bisnis yang serupa yang dijalankan oleh para kompetitor. Dengan menemukan permasalahan seperti itu, para pebisnis sebaiknya menonjolkan konsep atau ide pemasaran unique selling point (USP).

Sepertinya ide USP merupakan bagian paling mendasar dari persaingan ide. Ide ini menyarankan setiap produknya sebaiknya memiliki ‘selling point’ yang efektif, langsung, dan mudah untuk diringkas, yang menarik bagi pelanggan serta  tidak dimiliki oleh pesaing. Namun yang mengejutkan, hanya sedikit bisnis yang menerapkan ide ini. Itu pun sekedar memenuhi standar industri  tanpa berminat melampauinya, dengan hanya bergantung pada momentum pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Contohnya pada kasus Enterprise: "Sambut Enterprise. Kami akan menjemput Anda."
Sembari Avis menyebut dirinya dengan kalimat "Kami nomor dua, kami mencoba lebih keras", sebuah slogan yang menekankan pelayanan pelanggan, bahwa mereka bukanlah yang terbaik, tapi akan berusaha keras untuk memberikan layanan yang akan terus ditingkatan.

Kerja keras secara konstan untuk menciptakan USP merupakan faktor yang mendorong sebuah industri yang maju, menghindari kemandekan, serta memberi manfaat baik bagi pelanggan maupun keuntungan dari organisasi yang berhasil membuat dirinya berbeda dari yang lain.

Mungkin ada sedikit perbedaan antara produk Anda dan pesaing Anda - tetapi jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk menyampaikan keunikan dan menghubungkan dengan kebutuhan target Anda, mungkin Anda juga berhenti berjuang dan menjual kepada mereka.

Selamat mencoba, pikirkan USP bisnis Anda, capai keberhasilan dengan Ide kreatif yang Anda Miliki. (OMG/MKT/IBC)

0 comments:

Post a Comment